Selasa, 21 Januari 2014

METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS)



TPS

Tipe Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Menurut Frang Lyman dan koleganya di Universitas Maryland sesuai yang dikutip Arend (dalam Trianto, 2007:61) menyatakan bahwa think-pair-share merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Dengan asumsi bahwa semua resitasi atau diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan prosedur yang digunakan dalam  think-pair-share dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespon dan saling membantu.

Guru hanya memperkirakan hanya melengkapi penyajian singkat atau siswa membaca tugas, atau situasi yang menjadi tanda tanya. Sekarang guru menginginkan siswa mempertimbangkan lebih banyak apa yang telah dijelaskan dan dialami. Guru memilih menggunakan think-pair-share untuk membandingkan tanya jawab kelompok keseluruhan. Langkah-langkah pembelajaran think-pair-share adalah:
1)   Berpikir (Thinking)
Guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran, dan meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri jawaban atau masalah. Siswa membutuhkan penjelasan bahwa berbicara atau mengerjakan bukan bagian berpikir.
1)      Berpasangan (Pairing)
Selanjutnya guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh. Interaksi selama waktu yang disediakan dapat menyatukan jawaban jika suatu pertanyaan yang diajukan atau menyatukan gagasan apabila suatu masalah khusus yang diidentifikasi. Secara normal guru memberi waktu tidak lebih dari 4 atau 5 menit untuk berpasangan.
2)     Berbagi (Sharing)
Pada langkah akhir, guru meminta pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas yang telah mereka bicarakan. Hal ini efektif untuk berkeliling ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan sampai sekitar sebagian pasangan mendapat kesempatan untuk melaporkan (Trianto, 2007:61-62)



Bahri. M. 2006. Peningkatan Prestasi Belajar Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share pada Kelas VIII-C SMPN 1 Blega Bangkalan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Volume 1, No 10, 2006. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Dasna dan Sutrisno. 2005. Model-model Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pengajaran Sains/Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dimyati dan Mujiono. 1994.  Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka cipta
Djamarah,S.B. dan Zain, A. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Renika Cipta.
Etin S. & Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Pembelajaran IPS.  Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, M, dkk. 2000  Pebelajaran  Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Joyce, B and Weil, M. 1996. Models of Teaching, Boston : Allyn and Bacon
Kemmis,S and Mc Taggart,R. 1988. The Action Research Planner. Deakin University
Mahanal, 2005, Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan  Strategi Kooperatif Model TPS Pada Mata Pelajaran IPA Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa SMP-SMA dengan Setting Wilayah Pertanian Malang, Malang Lembaga penelitian Universitas Negeri Malang
Nurhadi. 2004. Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang
Surya. M.. 1997. Pergeseran Paradigma Pendidikan Menyongsong Abad ke-21, Jurnal Pendidikan Mimbar Pendidikan, XVII
Trianto.2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka

Widowati. 2005. Penerapan Problem Based Learning (PBL)
Winataputra, U.S. 1992. “Model-model Pembelajaran” dalam Belajar dan Pembelajaran, Soekamto dkk, 1992, Jakarta: PAU PPAI Ditjen Dikti Depdikbud
Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta:  Gramedia Widiasara Indonesia

Wiriaatmadja, R.2002. Pembelajaran IPS pada Tingkat Sekolah Dasar, makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pembaharuan Pendidikan IPS, HISPISI Jawa Barat, Bandung 31 Oktober 2002, tidak diterbitkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar