Kamis, 26 Juli 2012

Penyusunan Laporan PTK


oleh Drs. Saiful Amin, M.Pd.

PENDAHULUAN
Salah satu bagian penting dari proses penelitian adalah penyusunan laporan. Demikian pula halnya dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Meskipun agak berbeda, tetapi pada dasarnya sistematika laporan PTK tidak jauh berbeda dengan penelitian jenis lainnya. Hal yang berbeda justru pada isinya. Karena, PTK mempunyai kekhasan tertentu sehingga menjadi pembeda dari laporan penelitian jenis lain.
Pada umumnya, laporan PTK terdiri dari 3 (tiga) bagian besar, yaitu: 1) bagian awal; 2) bagian isi; dan 3) bagian penunjang. Bagian awal merupakan kulit dari laporan PTK. Bagian ini memuat hal-hal yang mengantar pembaca pada bagian isi. Bagian isi merukan inti atau daging dari laporan PTK. Sedang bagian penunjang berisi informasi-informasi lebih rinci yang tidak mungkin ditulis pada bagian isi.

BAGIAN AWAL LAPORAN PTK
Bagian awal laporan PTK terdiri dari:
1.  Cover/Halaman Judul
2.  Halaman Pengesahan disertai tanggal pengesahan
3.  Abstrak
4.  Kata Pengantar disertai tanggal penyusunan
5.  Daftar Isi
6.  Daftar tabel
7.  daftar gambar (jika ada)
Penjelasan masing-masing bagian adalah sebagai berikut.
1. Cover/Halaman Judul
Isinya: Tulis judul, nama para peneliti (kalau tim semua disebutkan baik ketua maupun anggota), lambang sekolah/lambang tutwuri handayai, nama sekolah dan Depdiknas Kab/kota dimana penelitian itu dilakukan. (semua tulisan diformat tengah/center).
2.  Halaman Pengesahan
Isinya: Tulis judul, nama para peneliti (kalau tim semua disebutkan baik ketua maupun anggota), tempat penelitian, waktu penelitian berapa bulan, dana penelitian berapa besarnya, tandatangan oleh Ketua Peneliti sebelah kanan dan mengetahui serta ditandatangani Kepala Sekolah disebelah kiri dan/Diknas yang disertai stempel)
3.  Kata Pengantar
*) Pembimbing MGMP IPS Kabupaten Jombang, Kepala SMPN 2 Ploso, Kabupaten Jombang
 
Isinya: Ucapan terimakasih dari berbagai fihak, judul penelitian yang telah diselesaikan, singkatan hasil penelitian ini, dan mohon koreksi perbaikan dari para pihak.
4.  Abstrak
Khusus abstrak ditulis satu spasi. Isinya: Tulis judul, nama para peneliti (kalau tim, semua disebutkan baik ketua maupun anggota), singkatan latarbelakang masalah (satu paragraf), metode penelitian, tujuan/rumusan masalah penelitian, subjek penelitian, cara pengumpulan data, dan teknik analisis data. Selanjutnya, ringkasan/simpulan hasil penelitian serta beberapa sarannya. Kemudian dibawahnya ditulis kata-kata kunci yang terkait dengan judul penelitiannya.
5.  Daftar Isi
Isinya: Tulis nama semua bab dan sub-bab yang ada di dalam naskah laporan hasil penelitian saudara dan beri nomor halamanya
6.  Daftar Tabel
Isinya: Tulis nama semua Tabel yang ada di dalam naskah laporan hasil penelitian saudara dan beri nomor halamannya
7.  Daftar Gambar
Isinya: Tulis nama semua Gambar yang ada di dalam naskah laporan hasil penelitian saudara dan beri nomor halamannya
BAGIAN ISI LAPORAN PTK
Bagian isi memuat hal-hal sebagai berikut:
BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Hipotesis Tindakan (jika diperlukan)
E. Manfaat Penelitian
BAB II   KAJIAN TEORI/LANDASAN TEORI
A.   Kajian Teori tentang Variabel Masalah
B.    Kajian teori  variable Tindakan, serta  Hasil Penelitian yang Relevan
C.    Kerangka Berfikir
BAB III  METODE PENELITIAN
A.    Subjek Penelitian
B.    Prosedur/Siklus Penelitian
C.    Teknik Pengumpulan Data
D.   Teknik Analisis Data
BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Diskripsi Subjek penelitian
B.     Sajian Hasil Penelitian
C.    Pembahasan
BAB V   SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
B.    Saran
Penjelasan dari sistematika tersebut adalah sebagai berikut.
BAB I  PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
·         Berisi latar belakang dan identifikasi permasalahan, yang pada pokoknya menguraikan konteks permasalahan, uraikan dan jelaskan berbagai masalah yang dijumpai di kelas yang akan dipakai sebagai subjek PTK (sebaiknya lebih dari 3 masalah yang disajikan di sini)
·         Semua masalah yang disajikan dalam latar belakang masalah sebaiknya diyakinkan dengan angka-angka (misalnya: 19 dari 40 siswa kelas 8 SMP..........., nilai ulangan pada materi Pasar pada matapelajaran IPS dibawah 50), jika perlu diyakinkan dengan menampilkan tabel-tabel persentase.
·         Akan lebih baik kalau di sini juga dijelaskan beberapa temuan hasil penelitian sebelumnya/terdahulu, secara singkat yang terkait dengan penelitian yang akan saudara teliti.
·         Dari berbagai masalah yang telah diuraikan di atas, pilihlah salah satu atau dua masalah yang dianggap penting untuk dipecahkan/ diberikan solusinya, pentingnya masalah itu diteliti dan manfaat yang diharapkan dari temuan penelitian jika pelaksanaannya telah selesai.
 Rumusan Masalah
·         Perumusan masalah berupa kalimat-kalimat naratif, baik berupa pertanyaan maupun pernyataan problematis.
·         Rumusan masalah harus menampakkan masalah yang akan diteliti dan tindakan (metode pembelajaran) yang diterapkan untuk memecahkan masalah.
·         Rumusan masalah harus sejalan dengan judul penelitian.
·         Pada dasarnya judul penelitian yang diangkat berasal dari rumusan masalah yang ada disini.
·         Jumlah masalah yang diteliti boleh sebanyak: 1 atau 2 rumusan masalah, atau lebih. Tetapi jangan memecahkan banyak masalah dalam sekali PTK. Karena masalah-masalah tersebut dapat digunakan untuk PTK selanjutnya.
·         Biasanya dikemukakan beberapa butir permasalahan yang secara eksplisit menggambarkan tahap-tahap diagnosis masalah, terapi yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah dan gambaran keberhasilan atau keefektifan tindakan yang diambil.



Tujuan Penelitian
·         Tujuan penelitian dirumuskan dalam bentuk bukan kalimat tanya.
·         Berisi sasaran hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini sesuai dengan fokus permasalahan yang telah dirumuskan
·         Rumusan tujuan harus sejalan dengan rumusan masalah dan judul penelitian.
Hopotesis Tindakan (Jika Diperlukan)
·         Kalimat hipotesis tindakan harus sejalan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian
·         Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas, tidak wajib/ tidak harus ada.
·         Peneliti boleh mencantumkan hipotesis tindakan atau tidak mencantumkannya dalam suatu proposal penelitian.
·         Hipotesis tindakan tidak dimaksudkan untuk menguji ada tidaknya perbedaan atau hubungan sebagaimana hipotesis dalam penelitian kuantitatif.
·         Hipotesis tindakan memuat usulan tindakan untuk menghasilkan perbaikan yang diinginkan.
Manfaat Penelitian
·         Pada bagian ini peneliti memberikan gambaran yang jelas dan realistik mengenai kegunaan atau manfaat hasil penelitian.
·         Manfaat yang diuraikan dapat dikaitkan dengan peneliti, guru dan atau siswa, pengambil keputusan atau kebijakan, dan sebagainya.

BAB II  KAJIAN TEORI/LANDASAN TEORI
·         Berisi sejumlah teori yang relevan yang dijadikan sebagai kerangka acuan dalam kegiatan penelitian atau pemandu kegiatan penelitian.
·         Kerangka acuan ini analog dengan kerangka teori dalam penelitian kuantitatif.
·         Menguraikan secara perspektif tentang Konsep variabel-variabel yang diteiliti yang telah ditulis dalam rumusan masalah. Misalnya: Konsep Hasil Belajar; Konsep Metode Problem Posing; Konsep Motivasi Belajar; dan sejenisnya sesuai dengan judul penelitian.
·         Terkait dengan poin (3), sebaiknya peneliti mengutip pendapat dari para ahli pada setiap konsep itu. Selanjutnya, peneliti membuat statement sendiri, dimana statement peneliti itu berdasarkan atas kajian dari beberapa ahli tersebut. Jadi peneliti tidak hanya sekedar “menjejer” atau “copy paste” tulisan orang lain.
·         Kerangka berfikir mendeskripsikan argumentasi teoritis yang menunjukan bahwa tindakan yang diberikan dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas. Pada akhir bab ini dapat dikemukakan hipotesis tindakan.




BAB III  METODE PENELITIAN
Subjek Penelitian
Pada bagian ini deskripsikan: 1) setting penelitian; 2) keadaan siswa; 3) waktu pelaksanaan; dan 4) sasaran yang dicapai
Prosedur/Siklus Penelitian
Pada bagian ini uraikan tahapan di setiap siklus yang memuat: rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantuan dan evaluasi beserta jenis instrumen yang digunakan, refleksi (perlu dibedakan antara metode penelitian pada usulan penelitian dengan metode yang ada pada laporan penelitian).
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data bisa dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi ketika peneliti melakukan aksi/pelaksanaan PTK, tes ketika penelitian memberikan soal untuk tes akhir tindakan/pelajaran, dan dokumentasi ketika peneliti mencari data pendukung di kantor Sekolah, Dinas Pendidikan, atau di TU sekolah.
Teknik Analisis Data
Analisis data dalam PTK sebaiknya cukup berupa tabel persentase dan perbandingan peningkatan antartabel (gain-score) hasil siklus pertama dengan siklus kedua, siklus 2 dengan 3, dan seterusnya.

BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada bagian ini, deskripsikan hal-hal sebagai berikut:
·         setting penelitian secara lengkap kemudian uraian pelaksanaan masing-masing pertemuan di setiap siklus dengan disertai data lengkap berserta aspek-aspek yang direkam/diamati. Rekaman itu menunjukkan  adanya  perubahan akibat tindakan yang diberikan.
·         Tunjukkan adanya perbedaan dengan pelajaran yang biasa dilakukan. Pada refleksi diakhir setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang tenjadi dalam bentuk grafik.
·         Kemukakan adanya perubahan/kemajuan/perbaikan yang terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, minat, motivasi belajar, dan hasil belajar.
·         Untuk bahan dasar analisis dan pembahasan kemukakan hasil keseluruhan siklus ke dalam suatu ringkasan tabel/grafik. Tabel/grafik rangkuman itu uapayakan dapat memperjelas perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara rinci dan jelas.





BAB V   SIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian ini:
·         Sajikan simpulan dan hasil penelitian sesuai dengan hasil analisis dan tujuan penelitian yang telah disampaikan sebelumnya.
·         Berikan saran sebagai tindak lanjut berdasarkan simpulan yang diperoleh baik yang menyangkut segi positif maupun negatifnya.
C.  BAGIAN PENUNJANG LAPORAN PTK
Daftar Pustaka
Memuat semua sumber pustaka yang dirujuk dalam kajian teori yang digunakan dalam semua bagian laporan, dengan sistem penulisan yang konsisten menurut ketentuan yang berlaku.
Lampiran-Lampiran
Berisi lampiran berupa instrumen yang digunakan dalam penelitian, lembar jawaban dari siswa, izin penelitian dan bukti lain yang dipandang penting.

DAFTAR PUSTAKA
Kemmis, S. and McTaggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.
Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud, Dikdasmen.
Suhardjono. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di Makasar”, Jakarta, 2005
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Tita Lestari 2009 Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Modul Pelatihan Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Pusdiklat Depdiknas. Sawangan. Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar