Minggu, 12 Juni 2011

Metode Rapat (Rangkum, Pasangan, Tes)


Metode Rapat (Rangkum, Pasangan, Tes).
a.  Latar Belakang
Metode ini merupakan hasil pengembangan oleh penulis sendiri. Yang melatarbelakangi adalah kondisi siswa ketika penulis sedang mengajar di kelas VII. Saat itu penulis menugaskan siswa untuk membaca materi dan membuat rangkuman, Ternyata, sampai sekitar 30 menit hanya sedikit siswa yang mampu membuat rangkuman dengan baik. Penulis menyimpulkan bahwa siswa belum mempunyai keterampilan membuat rangkuman sehingga perlu dilatih.
b.  Tujuan
Metode ini penulis kembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
·         Melatih siswa keterampilan belajar membuat rangkuman
·         Melatih siswa belajar berpasangan
·         Mendalami materi bersama pasangan, sehingga sukses dalam mengikuti tes
c.  Persiapan yang Anda perlukan
·         Buatlah draf rangkuman materi yang Anda ajarkan.
·         Buatlah soal-soal untuk tes (pos tes)
d.  Sintaks (Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran)
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
·         Guru memberikan motivasi pada siswa
·         Guru menjelaskan aturan main dalam pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Guru menuliskan draf rangkuman materi di papan tulis atau ditayangkan lewat LCD;
·         Siswa membuat rangkuman seperti draf yang dicontohkan guru;
·         Setelah rangkuman selesai, guru meminta siswa untuk berpasangan dengan teman sebankunya untuk mendalami materi yang telah dirangkum. Tekniknya sebagai berikut. Pertama, salah satu dari pasangan itu bertugas sebagai penanya, teman pasangannya sebagai penjawab. Penanya boleh membuka buku rangkumannya. Penjawab tidak boleh. Jika penjawab tidak bisa menjawab dengan benar, maka penanya berkewajiban untuk memberitahukan jawabannya. Begitu seterusnya sampai seluruh isi rangkuman habis. Ke dua, peranan pasangan itu dibalik. Yang dahulunya penanya menjadi penjawab. Yang dahulunya penjawab menjadi penanya. Begitu dilakukan terus sampai waktu yang ditetapkan habis. Guru harus meyakinkan siswa bahwa tujuan berpasangan adalah menyiapkan diri agar dapat mengerjakan soal-soal tes dengan baik.
·         Guru memberi soal tes kepada siswa secara individual
Penutup
·         Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
Guru memberikan penguatan pada kesimpulan yang dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar